Link Jurnink Jurnal 1
Judul
|
PENGGUNAAN
KOMUNIKASI FATIS DALAM PENGELOLAAN HUBUNGAN DI TEMPAT KERJA
|
Jurnal
|
Jurnal
Ilmu Komunikasi
|
Volume
& Halaman
|
Volume
5, Nomor 1
|
Tahun
|
2014
|
Penulis
|
Sari Ramadanty
|
Reviewer
|
Gashella
Aprilia (2014200080)
|
Tanggal
|
Oktober
2016
|
Tujuan
Penelitian
|
Penelitian
ini bertujuan mengidentifikasi Penggunaan Komunikasi Verbal dan Nonverbal
yang bersifat Komunikasi Fatis dalam membangun hubungan serta mengembangkan hubungan
di tempat kerja. Penelitian ini juga melihat Pengelolaan hubungan pada
konteks Komunikasi Organisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan
deskripsi mengenai peranan komunikasi verbal dan nonverbak dalam konteks
komunikasi fatis serta bagaimana membangun hubungan secara interpersonal yang
terjadi di tempat kerja.
|
Subjek
Penelitian
|
Subjek
penelitian adalah suatu perusahaan atau organisasi meliputi Karyawan
dan karyawan,atasan dan bawahan dan sesame rekan kerja.
|
Metode
Penelitian
|
Ditinjau
dari jenis datanya pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif. Adapun yang dimaksud dengan penelitian
kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang
apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara
deskripsi dalam bentuk kata- kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang
alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.
|
Langkah-langkah
Terapi
|
Langkah-langkah
yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
·
Reduksi Data
·
Penyajian Data
·
Kesimpulan atau Verifikasi,
|
Hasil
Penelitian
|
Menurut
penelitian yang dilakukan melalui teknik wawancara mendalam dengan para
informan, menunjukkan bahwa komunikasi fatis merupakan komuniksi yang sangat
berperan dan penting dalam hubungan yang tercipta di tempat kerja. Komunikasi
yang terjalin di tempat kerja sangat berbeda jika dibandingkan dengan
komunikasi sehari-hari. Dalam komunikasi di tempat kerja, struktur yang
mengikat profesi dan posisi atau jabatan seseorang sangat berpengaruh
terhadap bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain. Di tempat kerja,
komunikasi interpersonal yang terjalin lebih kompleks dan dinamis
dibandingkan dengan komunikasi interpersonal di lingkungan sosial
seharu-hari.
|
Kekuatan
Penelitian
|
Kekuatan
penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa wawancara
sehingga jawaban yang diperoleh dapat ditanggapi secara jelas dan dapat
menanyakan secara detail kepada informan.
|
Kelemahan
Penelitian
|
Kelemahan
penelitian ini adalah proses pengumpulan data cukup lama karena perlu waktu
untuk mewawancarai responden..
|
Saran
Reviewer
|
Link Jurnal 2
Judul
|
STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS PT.
ALIF PERSADA NUSANTARA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN GARDEN HILLS ESTATE TAHUN
2013
|
Jurnal
|
Jurnal Ilmu Komunikasi
|
Volume
& Halaman
|
Volume 3, Nomor 3, 134 - 144
|
Tahun
|
2015
|
Penulis
|
Yuliana Ullen
|
Reviewer
|
Devi Nur Indah Sari (2014200006)
|
Tanggal
|
29-10-2016
|
Tujuan
Penelitian
|
Penelitian
ini bertujuan untuk:
·
Untuk
mengetahui Strategi Komunikasi Bisnis PT. Alif Persada Nusantara Dalam
Meningkatkan Penjualan Garden Hills Tahun 2013.
·
Untuk
mengetahui Fungsi Komunikasi Bisnis yang diterapkan oleh PT.
Alif Persada Nusantara sebagai indikator dalam upaya peningkatan
Penjualan produk Garden Hills Estate
|
Subjek
Penelitian
|
Subjek
Penelitian ini adalah General Manager PT. Alif Persada
Nusantara, Manager Marketing PT. Alif Persada Nusantara dan Staf
Marketing PT. Alif Persada Nusantara. Informasi kunci adalah mereka yang
mengetahui dan memiliki berbagai informasi pokok yang diperlukan dalam
penelitian atau informan yang mengetahui secara mendalam permasalahan
yang sedang diteliti. Dalam menentukan informan penelitian ini, peneliti
menggunakan teknik purposive sampling.
|
Analisis
data
|
Penelitian
ini bersifat deskriptif karena data-data yang diperoleh dari lapangan berupa
kata-kata, gambar baik itu dari hasil wawancara, dokumentasi maupun observasi
dan bukan berupa angka. Sedangkan datanya berupa kualitatif yaitu dengan
pertimbangan menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan
dengan kenyataan ganda. Sehingga jenis penelitian ini termasuk dalam kategori
jenis penelitian deskriptif kualitatif.
|
Teknik
Pengumpulan data
|
1.
Wawancara mendalam (in-depth interviewing) Wawancara adalah tanya jawab lisan
antara dua orang atau lebih secara langsung.
2.
Observasi Observasi adalah pengamatan secara langsung terhadap objek
penelitian.
3.
Analisis Dokumentasi Untuk memanfaatkan dokumen yang padat isi biasanya
dilakukan dengan teknik tertentu.
|
Hasil
Penelitian
|
Dalam
kegiatan memasarkan produk Garden Hills Estate, PT. Alif Persada Nusantara
menggunakan bauran komunikasi pemasaran sebagai dasar untuk menentukan
alat-alat pemasaran apa saja yang mereka gunakan untuk memasarkan produknya
kepada konsumen. Media cetak yang bersifat komersial seperti surat kabar
harian tersebar luas dan dibaca oleh masyarakat umum. Kelebihan media cetak
adalah selain harganya terjangkau, informasi yang disampaikan lengkap dan
menyebar secara cepat dan efektif, daya jangkauannya luas tersebar diberbagai
tempat dalam waktu bersamaan. Sementara kelemahnnya adalah komunikasi hanya
bersifat searah dan jangka waktunya yang relatif pendek. Peneliti
menyimpulkan bahwa media cetak merupakan massa yang umumnya digunakan dalam
kegiatan publikasi terutama yang bersifat strategi komunikasi bisnis atau
periklanan. Meskipun komunikasi dengan menggunakan media cetak bersifat
searah dan berlaku selama periode yang singkat, media cetak tetap memiliki
kelebihan dan penyebarannya yang luas dan pembaca yang merupakan
masyarakat dari berbagai latar belakang. PT. Alif Persada Nusantara sendiri
semenjak tahun 2010 hingga tahun 2012 telah beberapa kali mengiklankan produk
Garden Hills Estate di salah satu media cetak terbesar di Kalimantan Timur,
Kaltim Post. Salah satu elemen dari bauran komunikasi pemasaran adalah
periklanan. PT. Alif Persada Nusantara menggunakan media seperti brosur,
baliho, pameran, media cetak dan radio untuk mengiklankan Garden Hills
Estate. Brosur dipilih oleh PT. Alif Persada Nusantara karena kemampuannya
untuk menampilkan gambar serta pesan singkat yang dapat dengan mudah dipahami
pembacanya. Namun seluruh kegiatan pemasaran yang telah dilakukan
tersebut akan menjadi sia-sia saja apabila PT. Alif Persada Nusantara tidak
siap menghadapi persaingan dari kompetitor yang juga memasarkan produk-produk
sejenis. Dengan stretegi komunikasi bisni yang baik, PT. Alif Persada
Nusantara selalu berupaya menumbuhkan kesadaran merk terhadap produk Garden
Hills Estate.
|
Kekuatan
Penelitian
|
Kekuatan
penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian
berupa wawancara, catatan lapangan, foto, video,
dokumen pribadi, catatan atau memo, dokumen resmi, tidak sresmi,
dan lain-lain yang memudahkan dalam mendeskripsikan hasil penelitian
karena memilki data yang akurat.
|
Kelemahan
Penelitian
|
Kelemahan
penelitian ini adalah rentan waktu penelitian yang digunakan memerlukan
waktu yang lama karena banyak teknik pengumpulan data yang di gunakan
sehingga harus di proses terlebih dahulu untuk menghasilkan data yang akurat.
|
Saran
Reviewer
|
Sebaiknya
PT. Alif Persada Nusantara terus berusaha untuk melakukan kegiatan pemasaran
seperti mengikuti pameran di mall, iklan di berbagai media massa dan
sebagainya. Walaupun kita menyadari bahwa banyak kompetitor yang siap untuk
bersaing memperebutkan pasar. Dengan menanamkan merk di benak masyarakat,
Perusahaan mampu membawa angin segar bagi penjualan real estate mereka.
Komunikasi bisnis yang baik memang seharusnya dilakukan terus menerus dan
tidak pantang menyerah.
|
Persamaan dari 2 jurnal diatas adalah metode penelitian dan analisis yang digunakan adalah sama sama pendekatan kualitatif.
Terima kasih atas artikel yang informatif! Sangat bermanfaat untuk Tugas Review Jurnal saya. Saya belajar banyak dari kontennya. https://telkomuniversity.ac.id/i-roasterbik-integrasikan-mesin-pembuat-kopi-dengan-smartphone/
BalasHapus